Hal-hal yang Ingin dilakukan Saat Bulan Puasa; Hanya Ada 3 Poin Saja

Sebelumnya ingin selalu mengawali tulisan tentang Ramadhan dengan ucapan syukur karena dengan bersyukur insyaAllah nikmatNya terasa bertambah-tambah. Alhamdulillah, sudah hampir memasuki hari ke-10 puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu di evaluasi di hampir 10 hari ini dari beberapa list hal yang ingin dilakukan selama bulan puasa.

Tapi sebelum menjelaskan hal-hal apa saja yang ingin dilakukan saat bulan puasa. Saya ingin bercerita sedikit. Jadi, ceritanya begini...

Bulan puasa Ramadhan tahun 1443 H ini menjadi puasa perdana bersama Suami. Sejujurnya, dari awal akan menyambut puasa Ramadhan saya malah try to imagine gimana ya nanti ketika menjalani puasa Ramadhan. Jadi, hal yang ingin dilakukan saat puasa justru muncul ketika sudah masuk ke beberapa hari puasa Ramadhan. Mendadak sekali ingin melakukan hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Apa lagi di 2 puasa di tahun sebelumnya masih ribet sama pandemi-pandemi, masih shock karena gimana sih ini, vibes-nya gak begitu kerasa - apa-apa dilakuin di rumah aja. Bosen! Sekarang, tambah gak nyangka lagi karena vibes single di bulan Ramadhan hilang.

Hikmahnya, saya jadi punya materi pembelajaran baru tahun ini. Adanya pembelajaran baru tersebut - 'Belajar Berumah Tangga' - membuat saya makin memiliki kemampuan-kemampuan untuk lebih bersabar, menahan ego, ikhlas, dan ridha. Selain itu, saya juga makin bersyukur, karena Allah berikan saya amanah seorang Suami. Pasti, pasti, dan saya yakin, Allah mempercayai saya karena saya mampu untuk lebih meningkatkan kualitas diri. Terlebih di bulan Ramadhan ini, ladang pahalanya melimpah!

Begitulah ceritanya~

Lanjut, hal-hal yang ingin dilakukan saat bulan puasa. Sebenarnya ada 3 poin hal penting dan ada beberapa kegiatan di dalamnya. Ok, mari kita bahas...



1. Belajar Pengembangan Diri
Pengembangan diri yang saya maksud di sini, bisa dari sisi mana saja. Pokoknya, ingin diri ini semakin berguna, bermanfaat, dan berdaya. Karena Alhamdulillah Allah masih kasih kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Lalu, kegiatannya apa saja? Beberapa hal yang ingin aku lakukan di bulan puasa, untuk pengembangan diriku antara lain:
- Memperbaiki ibadah-ku dan menambah kedekatanku dengan Al-Qur'an
- Meringkas Materi Kajian yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat (dengan tema apapun yang aku butuhkan)
- Eksplorasi & riset passion yang diminati untuk memperbaiki my Life Planning Canvas
- Membaca buku-buku Self-Improvement dan sharing insight-nya (aku share karena biar lebih mendalam pemahamanku terhadap buku tersebut)
- Membaca dan memahami isi kembali buku-buku anak yang sedang aku upayakan agar value-nya bisa tersampaikan ke setiap orang yang membutuhkan tapi belum sadar kalau butuh


Itu hal-hal yang ingin aku lakukan di poin pertama. Lanjut ke poin kedua:


2. Menumbuhkan Fitrah sebagai Perempuan
Selama masih single, mungkin ke-tomboy-an ku masih bisa terus dinikmati dan dipertahankan oleh diriku sendiri. Apa lagi dengan tidak mempedulikan beberapa hal yang semestinya menjadi fitrah-ku sebagai seorang perempuan + seorang Istri + seorang Calon Ibu (nantinya). Maka, aku masih perlu menumbuhkannya lebih baik dan lebih baik lagi, bukan hanya untuk Suami ku, anak-anakku kelak, atau mungkin orang-orang terdekat di sekitarku. Tapi juga sebagai ketaatanku kepada Rabb-ku, Sang Pemelihara hidupku, Allah Subhanahu wa ta'ala yang sudah memberikanku kesempatan untuk menikmati hidup (yang semoga sesuai dengan pedoman dariNya) hingga sampai saat ini. Lantas, apa aja sih hal-hal yang ingin aku lakukan selama bulan puasa pada poin kedua ini. Cek yuk~
- Memasak makanan kesukaan Suami, sampai Suami mau dimasakin masakan itu lagi hehe
- Memberdayakan diri dengan belajar sambil bekerja (di rumah saja)
- Belajar menjadi seorang Ibu dari Ibu yang sudah memiliki anak dan Ibu yang suka belajar bagaimana mendidik anaknya dengan baik dan benar
- Memperbaiki peran domestik (yang saat ini masih menjadi Istri, belum Ibu) sesuai Al-Qur'an
- Mendidik diri untuk mendidik lebih baik anak-anak yang diharapkan kehadirannya; dengan cara belajar lewat kelas, semisal: ibu profesional.


Selanjutnya, hal-hal yang ingin aku lakukan selama bulan puasa pada poin yang ketiga~
Terakhir...


3. Keluar dari Rumah!
Hehe, agak serem nih poinnya. Tapi beneran, aku ingin sekali pergi sesekali ke sana kemari di bulan puasa ini. Tapi gak yang jauh-jauh juga. Meski bulan puasa, yang mana kita kalau berpergian gak bisa kan ya mau mampir beli es, beli jajan, kecuali kalau dibungkus, dibawa pulang, dan dilahap sesudah buka puasa tiba, tapi aku ingin sekali refreshing siang-siang. Karena, pasti sepi! Hehe. Kalau sepi kita bisa gitu, menikmati apa yang ingin kita lihat. Nah, yang ingin aku lakukan saat bulan puasa adalah...
- Pergi ke pantai
- Melihat laut
- Mendengar debur ombak
- Menikmati udara pegunungan dan aroma pinus
- Tersenyum memandang saujana biru menawan di kejauhan

Alhamdulillah, semua itu sudah terlaksana.
Jadi feel fresh, gitu. Puasanya pun tetap jalan lancar sampai petang meskipun siangnya kepanasan. Ya, begitulah ya, kalau sudah kita ingin dan bertekad. Tubuh ini bisa saja diajak berkompromi, di afirmasi dengan baik dan santun. Tubuh titipan Allah ini, masyaAllah luar biasa kuat sekali.



Sekian sharing hal-hal yang ingin dilakukan saat puasa.
Mungkin hal-hal di atas kalau tidak cukup di bulan puasa Ramadhan ini, akan tetap berlanjut di bulan Syawwal insyaAllah.

Tetap semangat ya, teman-teman semua~

Komentar

  1. Selain aroma laut yang segar, aroma gunung dan tumbuh-tumbuhan (apalagi kalo abis ujan) itu juga ngangenin ya kak. Alam memang memberikan kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak!
      Apa lagi aroma pinusnya, nagiiihhh~ Jadi gak pengin pulang :D

      Aroma terapi terbaik sih masyaAllah~

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer