Jadi?

Karakter orang emang banyak banget kayak warna yang ada di dunia ini. Bahkan bisa lebih banyak. Tapi itu semua di kelompokin dalam beberapa aspek saja. Entah apa saja itu. Intinya, aku di sini cuma mau refresh sama hal-hal yang nampak dari diriku sendiri.

Salah satu orang di antara jutaan bahkan milyaran orang yang masuk dalam tipikal introvert. Tapi aku gak separah kebanyakan klaim-klaim yang menggambarkan sosok introvert. Gak akut-lah introvertku ini. Aku hanya lebih suka diam, gak suka banyak omong, tapi mikirnya bener-bener kenceng, banter-lah. Aku lebih suka memikirkan  segalanya dengan lebih matang selama ada waktu yang masih memungkinkan untuk berpikir dan sekiranya ada hal yang memang harus dikaji kembali. Wih, berat amat omonganku.

Seorang yang memang agak sedikit pemalu tapi sesuai porsi dan pada tempatnya tentu. Dan aku gak masalah jika harus ketemu orang. Hanya saja, kadang aku malas kalau berdiskusi dengan banyak orang dan kupikir nanti pasti gak ada faedahnya nih aku ada di sini. Di saat-saat seperti itu aku biasanya pengen enyah dari peredaran. Pengen buru-buru ngilang aja. Aku lebih suka diskusi sama satu dua orang aja gitu dan lebih bisa mendalam. Daripada banyak orang dan sekedarnya aja, bahkan ending-nya aku gak dapat apa-apa.

Seseorang yang cenderung lebih banyak merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat. Jadi wajar aja kadang yang lain itu ambisius banget buat segera-segera, dan aku masih santai. Diam. Diamku bukan berarti gak peduli sih. Aku lebih memilih jalan tenang dan tidak terlalu sepaneng aja. Kalau tergesa-gesa kadang aku lebih kayak, bisa ngelakuin hal yang gak bener. Dan menurutku sesuatu yang terlalu ambisius itu lama-lama bisa kebawa jadi nafsu. Berpikir dengan kejernihan dan berpikir dengan kekeruhan itu sudah beda hasilnya. Dalam hal kayak gini, aku mulai belajar bagaimana mengontrol diriku, bagaimana aku harus bisa lebih banyak banyak banyak bersabar, dan aku lebih memahami betul kesalahanku dan mengerti kekurangan orang lain.

Selain itu, sekarang aku sama sekali gak minat buat nyindir-nyindir atau nyinyirin siapapun dengan cara bikin status. Entah kenapa, sejujurnya aku udah illfil banget sama hal-hal semacam itu. Aku gak habis pikir aja, faedahnya apa? Emang kalau udah gitu bisa menyelesaikan masalah gitu? Iya, kalau orangnya pengertian dan peka. Kalau gak? Bukannya malah sakit hati sendiri nantinya. Dan nyatanya aku malah punya teman dekat yang seperti itu. Awalnya aku emang sengaja lagi diam bukan karena aku gak peduli. Bukan aku itu sok-sokan banyak mikir, dsb. Aku lebih ingin tenang. Karena sebelumnya aku emang ngerencanain sesuatu dan pada akhirnya aku harus berpikir ulang dan mengkaji lagi apa yang emang bisa aku perbaiki ulang. Tapi tipikal temanku beda. Tentu saja beda. Lagi-lagi aku harus mengalah. Kuturutin aja maunya dia ngobrol ke mana. Setidaknya dengan begini aku gak terlalu ngecewain perasaannya. Beginilah perempuan, mengerti betul masalah perasaan. Tapi kadang aku juga bisa gak gunain perasaanku. Lebih tega aja sama something. Pernah. Dan aku juga gak peduli gitu aja. Soalnya hal yang bikin aku ribet dan makan waktu serta aku sadar itu bakal bikin aku terluka (mungkin), kenapa aku harus care-in?

Kenapa aku illfil sama status-status atau story yang nyindirin gitu? Karena aku rasa. Gak semua orang harus lihat apa yang sedang menimpa perasaan kita, pikiran kita, hati kita, jiwa kita, semuanya. Menurutku itu kampungan banget sih. Kamu kalau ada masalah sama orang, ya samperin aja orangnya. Kamu mau nagih hutang, tentu nyamperin yang berhutang kan? Kenapa ya orang sekarang mikirnya gak mudah gitu. Kenapa harus malu dengan lawan yang emang pengen dia ajak interaksi? Kenapa malah gak malu saat pamerin permasalahan atau "kekurangannya" ke-med-sos? Dan di lihat ratusan orang. Sekarang kalau dipikir jernih nih ya, itu gak intelek banget. 

Selain itu, orang sekarang lebih mendahulukan emosi yang ada di saat itu. Maksudnya, kayak nafsu banget gitu pengen cepat-cepat nunjukin ke orang-orang. Ni loh, aku lagi sakit hati, aku lagi di kecewain, aku lagi kesel. Dan sorry banget, kebanyakan yang kayak gini itu kenapa harus cewe? Entahlah. Mungkin menanggapi hal-hal semacam itu aku lebih menuju ke arah yang BODO AMAT. Yang penting intinya, aku harus lebih banyak belajar dari masalah-masalah dan dari ribuan karakter orang yang aku temui.

Udah aku ngantuk. Semoga bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

Komentar

Postingan Populer