Introvert: rasanya jadi penyiar radio

Hari ini, Minggu (18/2)
Hari terakhirku menantang mental yang cupay ini. Sekaligus, anti-mainstream buat ngisi liburan yang cukup panjang. Well, aku harus cerita dari mana dulu nih? Bingung juga. Karena banyak banget hal-hal yang pengen aku share. Mulai dari hari pertama. Bahkan mulai dari aku daftar. Eh ndak. Mulai dari aku mikir mau daftar apa nggak. Soalnya aku benar-benar mau keluar dari zona nyaman. Sumpah ini hal freak, yang bukan aku banget. Jujur aja.


Kita mulai dari sejarah. Jadi, dulu. Aku suka banget dengerin radio. Suka banget coy. Dulu waktu SMP. Sampai-sampai aku request lagu, greeting, nyebarin nomor hape (cih!) karena aku tipikal cewe yang kepo-an banget. Suka mencoba hal-hal yang gak wajar gini nih. Wkwk. Sudah nomor di sebarin. Tau gak apa yang terjadi? Hape nih getarnya sampe kayak mau sakratul maut. Gile. Banyak banget yang ngehubungin. Rame sudah hape. Tapi itu dulu. Zaman pas aku masih pubertas awal. Namanya juga remaja. Semua itu pengalaman. But, jangan di contoh. Kampungan.
Suatu hari aku pengen gitu jadi orang yang cuap-cuap di radio. Announcer. Elahhh.

Aku juga sering nulis di kertas harapan ku tentang menjadi seorang PENYIAR RADIO. Keren~ tapi aku juga mikir bisa gak sih? Aku lo mangap aja susah. Kalau gak penting, jujur aja aku males banget ngomong. Apa lagi sama orang baru. Hadeh! Itulah salah satu kekurangan yang harus bisa diubah.
Well, kemarin tanggal berapa ya. Lupa. Aku dapet info dari @romansafmponorogo. Mereka adain acara yang namanya, DJ CHALLENGE 2018. Apaan nih? Boleh juga. Aku langsung keingat kertas harapan yang kutempel di rak buku. Ada tulisan di sana penyiar radio. Ok.

Eh tapi. Aku apa bisa? Hey gbvlk! Wkwk. Aku lho kayak gini. Ngaca napa ngaca. Ngomong apa lu nanti?
Kemudian aku berpikir ulang. Mumpung liburan. Boleh juga kan coba hal yang gila. Aku sadar ini bukan aku banget. Tapi entah kenapa, aku pengen coba. Salah satu sifatku adalah coba-coba. Kalau pengen tahu kan gak tempe. Apose?! >< Akhirnya aku semakin tertantang. Aku harus coba, aku harus berani, ok, aku harus, aku harus. 

Then, aku OTW daftar pada tanggal (5/2). Saat itu, mau berangkat aja rasanya ragu. Lagi-lagi aku dihadang rasa malas, malu, dan takut. Berulang kali aku lihat tuh flyer di instagram. Gimana ya, gimana ya, gimana ya... yes or no!!!

Akhirnya, kuberangkatkan saja. Buat rahasia aja ya. Please...mau daftar itu pun aku deg-degan coy! Bayangin aja wkwk. Sendirian. Harus datang ke romansa radio. Buat registrasi, bayar juga sih, 50rebu. Tapi fasilitas cukup amanlah. Ok. Setelah daftar aku lega. Lega karena aku sudah berani melawan rasa-rasa gak enak itu tadi. Selanjutnya aku harus menghadapi kenyataan.
Saat kita takut, sebenarnya itu buatan diri kita sendiri. Kita yang bisa mengontrolnya sendiri. Aku juga sempat berpikir. Aku aneh gak sih kalau sendirian banget gini? And i think, it's not too bad. Malah bagus. Kita berjuang meraih sesuatu ya karena polah kita sendiri. Kita memolahkan orang lain, karena kita udah polah sendiri. Polah itu; geraklah ya. Aku emang sering ngomong sama diriku sendiri. Sebab kenalilah dirimu sendiri, sebelum orang lain mengambil alih bagian terbaik dari dirimu. Masuk gak? Heuheu~

Well, hari pertama kedua aman. Cuma workshop. Itu pun aku juga gak aktif nanya. Diam, dengerin, nulis, baca, nguap, garuk-garuk, benerin kerudung, benerin kaos kaki melorot, ngelihatin orang ngantuk, ngowoh, mikir kapan pulang, mikir perut laper, bersin, senyum, ketawa gak jelas, ketawa ikut-ikutan, illfil sama pembicaraan, illfil sama orang ketawa, lihat jam di hp, senyum sama orang, sesekali ngobrol sama orang di kanan kiri, dsb. Freak banget gak sih? Ya gitulah. Aku sudah paling nyantai di situ. Aku serap beberapa hal sih. Yang menurutku, good, buat bekal, atau buat asupan wawasan dan perspektif juga.

Hari pertama, tentang public speaking. Ini sih anu ya...mmm... semua orang harus bisa menurutku. Intinya ngomong/menyampaikan sesuatu di depan orang banyak (lebih dari 2 orang, kira-kira public speaking bukan?) Pokoknya gitulah. Gimana ngomong biar gak grogi? Kayak gitu-gitu. Aku sih masih aja, grogi wkwk. Tapi yang di sampaikan pemateri. Bahwa mitos jika kalian bilang, "Seorang public speaking atau yang lebih fokus di sini seorang announcer itu emang bawaan dari lahir. Jadi gak bisa dipaksa." Padahal nggak. Nonsense! Semua orang bisa asal mau coba dan terbiasa. Continue-lah. Gitu katanya. Tapi gak harus sih kamu jadi itu, jadi apapun boleh. 

Kuasai apa yang benar-benar menjadi minatmu, yang benar-benar kamu banget. Lebih baik banyak hal pada sedikit hal. Daripada banyak hal tapi sedikit hal.

Maksudnya kuasai satu hal tapi kaaffah/menyeluruh. Daripada banyak hal tapi sedikit-sedikit. Gitu.
Ok. I got it. Dari situ aku mikir. Oiya. Aku kan sudah tau fokusku di apa. Tapi mencoba hal yang merembet nyambung dikit kan gak apa-apa. Kayak nyoba pura-pura jadi Announcer ini.
Hari kedua, ada materi lagi. Intinya si pemateri bilang, bungkus hal yang unik pada dirimu untuk di berikan kepada orang lain. Ini yang paling aku ingat. Hari kedua aku agak illfil sih. Gak usah kuceritakan ya, kenapa.


Hari kedua bersama Annisa (teman baru)

Ya begitulah. Selama 2 hari aku dapat satu teman sampai chat ke WA, dan beberapa teman yang cuma, ya, sekedar kenal-kenalan aja. Hhh. Parah gak?
Hari ketiga- aku mulai agak malas mau datang. Karena selama dua hari sebelumnya itu, jadwal sholat ashar-ku gak normal gegara berangkat jam 2 dan selesainya itu jam 5an molor. Mana lagi gak ada tenggang waktu buat sholat. Ya maklum sih aku. Harusnya aku yang tahu diri. Tapi di sana ramai bener. Jadi ah terombang-ambing sudah aku. Aku pulang Sholat Ashar bener-bener mendekati maghrib coy, 10 menit apa. Parah!!! Nyzl!!! Akhirnya hari ketiga itu aku ogah-ogahan. Mana tempatnya di radio-nya sendiri. Aku planning, jam 1 aku tidur dulu. Nanti aku berangkat habis sholat ashar aja deh. And, pada akhirnya aku bangun jam setengah 4. Wah, panik. Masa gak ikut hari ketiga? Kan banyak yang bakal kuketahui nanti di radio-nya langsung. Aku sudah sholat, ganti baju, sampai di ruang tamu mau keluarin motor, tiba-tiba...

"Jangan! Kamu mau malu-maluin dirimu sendiri? Sudah sendirian. Telat pula. Kelihatan tolol kamu nanti."

Akhirnya aku coba hubungi temanku. Tapi gak ada respon. Aku hubungi cp acara, balas, katanya sudah langsung datang aja. Tapi aku ragu. Jangan. Dih, ogah ah. Singkatnya, aku gak datang. Malu.
Pelajaran yang kudapat dari hari ketiga adalah... lebih baik tidak terlambat dari pada terlambat. Udah. Gitu doang. Masalah datang atau tidak datang, its your choice!
Setelah itu, aku dapat pesan dari temanku. Katanya untuk challenge bersiaran besok pilih materi dari acara-acara yang ada di romansa fm. Terserah mau pilih apa. Sesuai selera masing-masing. Besok siaran? Hm!

Malamnya, aku gak mikir-mikir amat. Enjoy aja gitu. Malahan aku ngantuk banget. Dan segera tidur. Gak bikin materi buat challenge hari Minggu, besok. Ya sudah.
Minggu pagi a.k.a tadi pagi aku bingung sendiri. Mau di gimanain nanti? Aku harus ngomong apa? Akhirnya aku pilih aja morning coffee, kalau aku baca di websitenya, itu acara santai cuma menyampaikan news, information, dan daily tips gitu. Tapi apa ya? Ah bingungin nih. Ah minggu yang nggak sans kan jadinya. Kzl. Akhirnya aku cuma nyari tips aja. Ngawur saja sudah. Tapi bikin aku ragu lagi. Duh, persiapanku bad banget nih. Berangkat gak ya. Duh. Duh. Duh. Tiba-tiba temanku WA, tanya, berangkat jam berapa. Kujawab aja semauku. Jam 8an. Lah, berangkat dong berarti? Gimana ya. Mikir panjang. Ngomong sendiri dalam hati sambil ganti baju juga, dandan juga. Bahaha... Akhirnya mikirku sambil gerak membawaku pada keberangkatan. Di jalan gak berhenti dzikir dan do'a kenceng. Takbir!

Sampai di lokasi.
Ramai.
Aku telat.
Ok.
Fine.
Go!
Takbir!


Seperti biasa, mereka asik sendiri ngomong. Kelihatan yang kayak cheerful banget. Ketawa-ketiwi, ngakak, ngomong gak jelas, teriak-teriak, loncat-loncatan, acting, gaya-gayaan. Which is, its not me! Repeat again. Not me!!! Dan aku gak suka banget lihat yang beginian coy. Mereka ketawa tuh, menurutku gak ada yang lucu, kalian ngetawain apa sih? Berkali-kali aku batin kayak gitu. Mungkin yang sadar. Ngelihat aku tuh kayak orang yang benar-benar lagi kesasar. Sumpah. Gak tau lagi gimana ngejelasinnya. Gils! Cuma diam. Dengan mungkin seperti biasa, wajahku udah kayak singa betina yang lagi kelaperan. Gak ada yang lucu di sana!

Akhirnya, aku mengikuti alur aja. Okelah aku gak bisa ketawa. Yang paling penting aku tunggu-tunggu di sini adalah tantangan bersiaran. Lagi-lagi yang lain pada latihan sama script yang sudah di siapkan, aku malah baru cari materi coy. Kadang aku juga prihatin sama diriku. Wkwk. But aku enjoy sih. Ngg... tepatnya sok enjoy. Semua sudah siap. Kayaknya manteb gitu persiapan mereka. Nah aku? Aku malah ketawa sendiri, karena ulahku sendiri di sini. Aku asyik dengan diriku sendiri. Mereka gak lucu. Aku yang lucu di sini.

Kemudian aku coba buat materi. Aku latihan dari script yang kucari di google. Mendadak. Dan akhirnya dapat. Sudah ini saja. Entah nanti jadinya gimana. Yang penting aku bisa mencoba ngomong kayak Announcer nanti. Aku mencoba latihan. Bagus juga. Tapi kok kayak dibatasin script jadi ewuh ya. Emm... coba lagi. Kok terpaku sama script ya. Coba jangan lihat. Kok gak bisa? Akhirnya nervous. Aku nervous bahkan sebelum tampil. Sudah. Entah. Bubrah pasti. Ah bubrahin sekalian aja. Daripada aku nahan. Gak enak.
Ambil nomor undian. 19. Ok fine!

Saat latihan. Aku pojok sendiri ketutup kepala seorang laki-laki.


Latihan.
Pukul 12an siang. Nomor 19, namaku di panggil. Takbir!!
Mau pakai ini.. mas-mas di sampingku menyodorkan headphone. 
Gak usah mas. Ok. Siap-siap. Opening ya... 1 2 3
Lagu semakin berkurang suaranya. 


Romansa radio, 98,8, good music for people Selamat pagi boys n' girls. Apa kabar nih, hari ini...

Ini siang, gbvlk!  Dalam hatiku mengutuki diriku sendiri. Candaan sih. Kan ini buat pura-pura aja. Semoga... Barengan sama Lisna di acara morning coffee. Bakal ngebahas tentang.. blablabla... Sampai dengan closing.
 
Setelah selesai, pertanyaan yang di lempar adalah, nervous banget ya?
Pengen jawab, iyalah, banget, gile lu ndro!
Tapi dengan sikap tetap manis, aku hanya jawab, iya. Dan blablabla. Ada juga komentar, suaranya tipis ya. Pengen jawab, lemak gw tebel nih coy!
Tapi aku terima semua percobaan yang mungkin cukup kacau ini. Komentarnya bagus sih. Jadi awak tahu kayak mana sih kalau awak ini ngomong depan banyak orang plus jadi seorang Announcer /pakai logat Padang/

Berhubung aku gak latihan sama sekali sebelumnya. Latihannya pas di lokasi. Ya sudah, seadanya itu. Namanya pengalaman pertama. Yang penting aku tau, isinya peralatan untuk siaran plus rasanya ngomong di mic buat siaran radio. Done.
Setelah selesai giliranku bersiaran dan mendapat komentar. Tanpa basa-basi aku langsung berniat balik ke rumah. Bukan malu, takut, ataupun kesal. Aku pengen ngakak di jalan. Hahaha! Dan di jalan aku ngakak dan mesem sendiri. Aku gak gila, ini salah satu caraku untuk berekspresi. Gak ada yang tau juga selain kalian yang baca tulisan gak jelas ini. Ya gitulah ceritaku...

Well, aku sudah seneng bisa menantang diriku sendiri. Tanpa ada pihak yang terlibat. Aku sendiri, tiada yang menemani. Aku benar-benar seneng bisa melalui 4 hari-ku dengan hal-hal yang menambah pengetahuan, wawasan, dan sosialku. Nah tepat sehari. Hari ini, pengumuman sudah di send via Whatsapp. Aaand, namaku gak ada coy. Artinya aku gak masuk 12 besar. But, aku gak punya rasa yang gimana-gimana. Aku sudah merasa cukup dengan mendapat pengalamannya. Kalaupun aku pengen coba lagi, setidaknya aku sudah punya pengalaman pertama. 

Dari ceritaku ini, aku menyimpulkan bahwa jika kamu mau mencoba sesuatu, cobalah! Asal itu baik, asal itu membawa dampak yang benar-benar positif buat kamu. Kita gak bisa selalu ikut-ikutan. Terbawa arus dan menjadi sebuah mainstream yang menjadi hama untuk diri kita sendiri. Bayangkan, diri kita sendiri bisa menciptakan hama, dan yang kena dampak yang pertama ya tetep kita sendiri. Paham gak sih? Kita menciptakan suatu emosi, entah itu takut, malu, ragu, atau apapun yang bikin kita benar-benar menjadi pasif. Dan kepasifan yang terus-menerus di biarkan akan melahirkan banyak hama buruk a.k.a emosi-emosi yang negatif tadi. Seperti kita menjadi cemas karena kita terlalu berpikir banyak tanpa mau melakukan apapun. Atau kita hanya ikut arus hidup saja. Boleh sih. Semua itu pilihan masing-masing orang yang menjalani. Tapi alangkah berwarna-nya hidup yang hanya sekali ini di isi dengan hal-hal yang benar-benar bikin kita memiliki cerita. Ibaratnya nih, durasi tiap waktu di hidup kita adalah lembaran-lembaran yang akan kita lukis atau kita tulis dengan cerita yang lakon-nya adalah kita sendiri.

Untukku yang memang seorang yang memiliki ke-introvert-an-nya sendiri. Aku harus terbiasa melawannya. Meski kayak ikut challenge ini, tau gak apa yang aku rasain? Aku kayak di tempat yang asing. Bener-bener gak ada satu orang pun yang ku kenali. Tapi inilah asupan untuk mentalku. Aku emang diam saja. Aku malas berbicara sok cheerful atau girly. Aku malas foto-foto selfie. Aku malas ngomong banyak dan cepet. Aku malas harus ngetawain hal yang menurutku gak lucu sama sekali. Tapi nyatanya aku bisa berbaur. Aku terus memaksa dan memaksa. Dan memang semua itu harus menjadi kebiasaan. Ini bukan hal sepele menurutku. Beberapa orang yang memiliki ke-introvert-an yang sangat amat parah, sampai-sampai dia gak bisa melakukan apa-apa. Bayangkan, dia benar-benar hanya di rumah tanpa melakukan apa-apa, dan yang menjadi tanda  kutipnya adalah dia masih muda. Banyak kutemui orang-orang seperti ini. Kemudian, berpikirlah aku. Aku gak boleh gini terus-terusan. Aku harus melakukan sesuatu, sebisaku, aku harus terus mencari-cari.

Dan yang terakhir, jangan melupakan Allah dalam keadaan apapun!
Hanya Allah yang mampu menuntun kita. Hanya Allah.

Segitulah ceritaku. Semoga ada faedahnya
Cerita ini kutulis kemarin. Kuposting hari ini.

Komentar

Postingan Populer